PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

Kali ini saya akan mencoba mengulas kembali materi yang tadi sudah saya dapat di bangku perkuliahan. Ini merupakan dasar-dasar dari teknologi informasi. Pertama kita akan membahas mengenai pengertian dari data. Data merupakan representasi fakta dunia yang mewakili suatu objek yang direkam dalam bentuk angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi, dll. Atau biar gampang mengingatnya dapat kita simpulkan bahwa data adalah kumpulan dari fakta. Lalu apa bedanya data dengan informasi??

Informasi adalah data yang sudah diproses. Sehingga data belum memiliki arti apapun jika belum diolah dan menjadi suatu informasi. Informasi memiliki 2 sifat yakni perfect (sempurna, pasti) dan imperfect (tidak sempurna, mengandung ketidakpastian). Contoh dari informasi yang memiliki sifat perfect adalah undangan yang biasa kita terima, misalnya undangan rapat, pernikahan, dll, karena didalamnya terdapat waktu dan tempat yang sudah pasti. Sedangkan contoh dari informasi imperfect adalah ketika seorang teman berkata bahwa 2 minggu lagi kita akan libur selama 1 bulan atau ketika terjadi rumor bahwa kiamat akan terjadi pada tahun 2012. Kemudian sumber informasi dapat kita dapatkan dari:

1. pengamatan lapangan (observasi)

2. kuesioner

3. kejadian / event (pencatatan / perekaman)

4. pemodelan (simulasi, forecasting(ramalan/prediksi))

5. media massa

6. alat telekomunikasi

7. dan alat elektronis

Jaman sekarang kita dapat mengakses informasi apapun sewaktu-waktu kita mau hanya dengan alat komunikasi (tentu saja yang sudah dilengkapi dengan akses gprs). Informasi yang baik memilliki karakteristik sebagai berikut:

1. Tepat waktu (misal ketika ada pertandingan sepak bola pada tanggal 6 namun hasilnya baru dipublikasikan pada tanggal 20, maka informasi tersebut sudah menjadi basi)

2. Akurat (dapat dipertanggung jawabkan)

3. Mudah diakses (tidak disembunyikan)

4. Menghilangkan keraguan

5. Berhubungan

6. Berdasarkan fakta

Informasi sudah ada sejak berabad-abad lalu dan telah mengalami beberapa evolusi. Berikut evolusi abad informasi:

1. Abad pertanian: terjadi sebelum tahun 1800 dan pada abad ini banyak digunakan tenaga manusia itu sendiri.

2. Abad industri: terjadi pada tahun 1800 hingga 1957 dan pada tahun ini sudah mulai menggunakan tenaga mesin, namun tenaga manusia juga masih digunakan.

3. Abad informasi: terjadi dari tahun 1957 hingga sekarang. Masih menggunakan tenaga manusia namun lebih banyak menggunakan teknologi informasi.

Lalu apa sebenarnya maksud dari teknologi itu sendiri?

Teknologi adalah ilmu yang berkaitan dengan seni atau sains dengan pengaplikasian pengetahuan saintifik ke praktis. Tujuan dari teknologi informasi adalah memecahkan masalah, membuka kreatifitas, efektivitas, dan efisiensi. Dan fungsi dari teknologi informasi adalah menangkap (capture), mengolah (processing), menghasilkan (generating), menyimpan (storage), mengambil kembali, dan melakukan transmisi (transmition). Di zaman yang semakin modern kini pentingnya adanya teknologi informasi antara lain ialah:

1. Kompleksitas tugas manajemen

2. Perlunya response time cepat

3. Tekanan persaingan bisnis

4. Peningkatan layanan

5. Pengaruh globalisasi

Kemudian ada 3 komponen utama dari teknologi informasi yaitu:

1. Hardware: perangkat fisik yang ada

2. Software: sekelompok item/ obyek yang membentuk konfigurasi dimana didalamnya termasuk program, dokumen, dan data.

3. Brainware: manusia yang berhubungan dengan sistem komputer

Selain tiga komponen diatas ada beberapa komponen lain yang tidak kalah penting yakni:

1. Firmware: perangkat lunak yang ditanamkan ke hardware secara semi permanen. Instruksinya disimpan didalam ROM dan bukannya di harddisk. Contohnya adalah BIOS (pengontrol input dan output dari operasi komputer).

2. Infoware: user manual, SOP, dan cyberlaw.

Nah, itu adalah beberapa ilmu mengenai pengantar teknologi informasi yang dapat saya bagi pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat ^.^

0 komentar:

Posting Komentar